Pengantar Animasi & Desain Grafis



Analisis Video Animasi Indonesia"Anime Pencak Silat Indonesia"








Solid Drawing
Pada cuplikan video tersebut didetik 00:12 sampai 00:24 animator menggambarkan seseorang dengan latar belakang siluet, tubuh yang hanya dibuat  warna hitam dan bagian wajah tak nampak. Telah memberikan pesan dengan baik kepada penonton bahwa itu adalah seorang jawara ataupun tokoh dari anime tersebut yang dikisahkan memiliki kemampuan dalam pencak silat, dilihat pula dari gerakan yang dilakukan.

Timing & Spacing
Pada cuplikan video di menit 01:16 sampai 01:18, diceritakan seorang tokoh berjalan menghampiri sekumpulan orang entah itu tokoh antagonis atau bukan, sambil membawa sebilah benda tajam (mungkin pisau lengkung) untuk mencapai tujuan dalam cerita tersebut

Squash & Stretch
Sama ketika di menit 01:16 sampai 01:18, seseorang yang tengah berjalan membawa sebilah benda yang diduga pisau, pada ujung pisau tersebut terlihat sekilas cahaya berkedip cukup detail yang seolah menandakan ketajaman pisau tersebut yang akan digunakan untuk menghabisi musuh-musuhnya.

Anticipation
Kalau dicermati betul, pada cuplikan di detik 00:20 sampai 00:24 seorang tokoh berlatar siluet tersebut melakukan gerakan tendangan melompat. Dimana sebelumnya pada pergerakan didetik 00:20-00:21 terlihat tokoh melakukan ancang-ancang di kedua kakinya, kaki kiri untuk tumpuan dan dilakukan putar badan untuk melakukan tendangan melompat dengan kaki kanannya.

Slow In & Slow Out
Di cuplikan video pada detik 00:33 sampai 00:39 animator menampilkan sebuah introducing mengenai sejarah dari pencak silat itu sendiri. Terdapat 2 tokoh silat yang ditampilkan masuk-keluar dan masuk-keluar. Percepatan ‘in’ dan ‘out’ nya tertata rapi dan konstan, sehingga tidak membuat pusing bagi penonton yang melihatnya.

Arcs
Pada menit 01:07 sampai 01:09, terlihat seorang tokoh yang melakukan lompatan dan mengahajar seseorang dengan cara mengapit/melingkari leher lawan dengan kakinya, kemudian dihempaskan orang dengan posisi roll (menggulung) tersungkur jatuh ke arah depan.

Secondary Action
Di cuplikan video pada menit 01:16 sampai 01:18 seorang tokoh berjalan hendak menghampiri sekumpulan entah musuh atau apapun. Namun dalam keadaan berjalan itu, sang tokoh sembari melakukan aksi sekunder dengan membawa dan mengayunkan pisau ditangan kanannya, seraya siap menghajar musuh yang ada didepannya.

Follow Through & Overlapping Action
Pada menit 01:26 sampai 01:28 terdapat 3 tokoh dalam satu latar. Digambarkan ketiga tokoh itu adalah 1 wanita bertopeng memakai baju khas daerah, 1 lelaki bertopeng dengan tutupan kepala, dan 1 lelaki dengan tampilan semacam topeng reog. Kalau dicermati ‘rambut’ dan ‘tutup kepala’ mereka terlihat bergerak seraya diterpa angin kencang, ketika dalam cuplikan tersebut sang tokoh wanita menghadalang gempuran tembakan yang mengarah ke mereka.

Straight Ahead Action and Pose to Pose
Dalam cuplikan video anime pencak silat ini, animator memiliki tujuan untuk mengangkat tokoh utama ialah seorang pemuda yang memiliki keahlian dalam beladiri, yang tentu digunakan dalam memberantas kejahatan disekitarnya. Tak luput peran dari tokoh pendukung lainnya dalam sebuah frame yang sama dengan si tokoh utama.

Stagging
Pada menit 01:11 sampai 01:13 digambarkan sebuah perkelahian antara 2 orang tokoh, yang pertama lelaki berkacamata dengan tuxedo-nya, dan lelaki bertopeng dengan memakai tutup kepala. Dalam posisi tersebut, pengambilan arah si lelaki bertutup kepala dari sisi samping dan tidak menampilkan sisi depannya. Hal ini terlihat lebih misterius dan membawa penonton merasakan kehebatan dan kemisteriusan orang tersebut dibalik tutup kepala yang juga disembunyikan wajahnya itu.

Appeal
Pada menit 01:16 sampai 01:20 terlihat seorang pemuda yang dikerumuni oleh sekumpulan orang dibelakangnya. Tampak sekumpulan orang tersebut tidaklah baik dan diasumsikan sebagai karakter jahat dan berpenampilan urakkan layaknya preman. Kemudian pemuda itu seraya melakukan aksi untuk membela dirinya dalam posisi yang terjepit

Exaggeration
Pada cuplikan video tersebut di menit 01:27 sampai 01:30, latar dengan seorang tokoh (pemuda) yang berkelahi melawan sekumpulan preman yang mengepungnya secara satu persatu. Tampak ekspresi kegigihan dan kesungguhan bercampur aduk rasa geram ketika memukul dan menghajar sekumpulan preman tersebut seraya giginya ditunjukkan dan gimik membuka mulut lebar seraya berteriak geram.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Inggris Bisnis 2#

Strategi Pengujian Perangkat Lunak

IT Service Management