Teknologi Sistem Cerdas Dalam Kehidupan Sehari-hari


Definisi sistem menurut kaus besar bahasa Indonesia adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas pencernaan makanan, pernafasan dan peredaran darah di tubuh.
 
Teknologi adalah kumplan alat termasuk mesiin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Yang berarti teknologi merupakan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sistem Cerdas atau yang biasa disebut juga dengan Artificial Intelligent adalah kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat dilakukan manusia.

Kelebihan Artificial Intelligence:

               ·         Artificial Intelligence bersifat konsisten dan teliti.
               ·         Artificial Intelligence lebih bersifat permanent.
               ·         Artificial Intelligence dapat lebih murah daripada kecerdasan alami.
               ·         Artificial Intelligence menawarkan kemudahan untuk digandakan atau disebarkan.
               ·         Artificial Intelligence dapat didokumentasi.


Kelemahan Artificial Intelligence:
                ·         Mahal dalam proses pembuatannya

                ·         Memerlukan daya listrik


  Contoh Artificial Intelligent dalam kehidupan sehari-hari adalah Pemesanan Kamar Hotel dengan Aplikasi Berbasis Android ‘Traveloka’. Berikut Flowchart nya:


1)      Flowchart 1:  Bagian Promosi

Bagian promosi memberikan informasi tentang jumlah kamar yang tersedia, tipe kamar, harga kamar, dan sebagainya. Informasi ini digunakan sebagai acuan dalam proses verifikasi setiap pemesanan kamar hotel baik offline (langsung) maupun online melalui Traveloka.



2)      Flowchart 2:  Pemesanan Online Via Traveloka





Prosedur pemesanan kamar hotel melalui Traveloka adalah sebagai berikut :

a)      Cari Hotel
Calon konsumen memulai pencarian halaman muka hotel Traveloka.com dengan memasukkan destinasi dan data menginap.

b)      Pilih hotel
Di halaman hasil pencarian, calon konsumen bisa langsung memilih hotel yang dikehendaki, jenis kamar, dst. Dihalaman ini bisa dilihat info detail tentang kamar hotel.

c)      Pesan Hotel
Setelah menemukan hotel, calon konsumen dapat memilih jenis kamar yang tersedia dan menentukan jumlah kamar yang ingin dipesan.

d)     Isi data pemesan dan tamu hotel
Selanjutnya isi data pemesan yang dapat dihubungi dan data tamu yang akan menginap. Setelahnya, review kembali data di halaman review. Setelah memastikan data sudah benar, dilanjutkan ke halaman pembayaran.

e)      Lakukan Pembayaran
Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan pembayaran dilakukan sebelum batas waktu habis. Setelah dilunasinya pembayaran, maka pihak Traveloka akan menerbitkan kode pemesanan kamar yang disertai dengan:
-          Kode pemesanan
-          Nama pelanggan
-          Jumlah pemesanan
-          Detail pemesanan
-          Nama dan alamat agen traveloka



3)      Flowchart 3 :  Bagian Pemasaran




Prosedur  dan kegiatan pada bagian ini meliputi :

·         Bagian marketing menerima order online dari Traveloka.
·         Bagian markering mengisi kode pemesanan kamar dan menerbitkan faktur. Faktur dibuat rangkap dua, untuk diarsip dan diteruskan ke bagian keuangan



4)      Flowchart 4 :  Bagian Keuangan


Prosedur dan kegiatan pada bagian ini meliputi :

·         Pihak Traveloka melalukan konfirmasi ke bagian keuangan Hotel ‘A’.
·         Faktur pemesanan kamar dicocokkan dengan identitas tamu.
·         Bagian keuangan meminta bukti transaksi pembayaran dengan kartu kredit.
·    Bukti transaksi pembayaran dengan kartu kredit dari konsumen dijadikan dasar pencatatan register kas.



                              Sumber  :

                              http://ririnmarwati82.blogspot.co.id/2015/07/ujianakhir-semester-genap-2014-2015_1.html
                                        http://cugifa.blogspot.co.id/2016/12/teknologi-sistem-cerdas-dalam-kehidupan.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Inggris Bisnis 2#

Strategi Pengujian Perangkat Lunak

IT Service Management